5 Cara Efektif Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi

Share:
Proses tumbuh kembang bayi dan anak memang menjadi fokus perhatian orang tua, bahkan ketika si kecil baru lahir. Ada banyak hal yang mempengaruhi proses tersebut. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua dituntut untuk bisa memperhatikan segala kebutuhan si kecil. Salah satunya dengan terapkan cara optimalkan tumbuh kembangnya. Bagaimana caranya?

1. Kebutuhan Gizi dan Stimulasi Sejak dalam Kandungan
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil adalah memenuhi kebutuhan gizi dan memberikan stimulasi sejak ia dalam kandungan. Sejak masih dalam kandungan, bayi memerlukan asupan gizi yang seimbang agar perkembangan fisik, otak dan organ lainnya bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus memberikan stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Bukan stimulasi yang ribet. Cukup stimulasi sederhana seperti mengajaknya mengobrol atau mendengarkan alunan musik saja sudah cukup. Kedua hal ini bisa merangsang tumbuh kembang anak secara pesat sejak dalam kandungan.

2. Komunikasi yang Efektif Sejak Lahir
Setelah dilahirkan, Anda juga harus menstimulasi tumbuh kembang si kecil. Salah satunya adalah dengan memberikan komunikasi yang efektif padanya. Meski bayi yang baru lahir belum bisa menanggapi komunikasi orang-orang di sekitarnya, sebenarnya otaknya sudah terstimulasi untuk berkembang bila diajak berkomunikasi.

Oleh sebab itu, untuk mendukung tumbuh kembang bayi agar maksimal, Anda harus rutin mengajak si kecil berbicara sejak dia baru dilahirkan. Tak hanya sebatas obrolan saja, namun juga dengan sentuhan kulit dan ekspresi wajah. Jalinan komunikasi yang efektif seperti ini bisa membuat tumbuh kembang emosionalnya jadi lebih pesat.

3. Penuhi Kebutuhan Gizi Harian si Kecil
Lalu, Anda juga harus memenuhi semua kebutuhan gizi harian si kecil ketika ia mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI atau MP-ASI. Anda bisa memberikan variasi makanan yang beragam setiap harinya agar si kecil bisa mengenal cita rasa dan tekstur dari makanan yang ia makan.
Mungkin nantinya Anda akan menemui beberapa makanan yang tidak ia makan atau tak ia sukai, namun sebisa mungkin cobalah untuk menyiasati agar si kecil mau memakannya. Sebab, jika tidak nantinya si kecil akan jadi anak yang pilih-pilih makanan. Hanya saja, Anda tetap tak boleh melakukannya dengan cara memaksa, ya!

4. Jaga Daya Tahan Tubuhnya
Selain mencukupi kebutuhannya, Anda juga wajib menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tumbuh kembangnya bisa maksimal. Penelitian menyebutkan bahwa tumbuh kembang si kecil bisa berhenti sesaat ketika anak sering sakit. Meski terdengar sepele, nyatanya hal ini tetap wajib diperhatikan oleh orang tua.

Alangkah lebih baiknya jika Anda menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil agar senantiasa sehat dan tidak mudah sakit. Dengan begitu, proses tumbuh kembangnya akan mejadi maksimal tanpa terganggu penyakit tertentu. Salah satu caranya tentu saja dengan memberikan asupan gizi harian yang memenuhi syarat minimal.

5. Atur Itensitas Penggunaan Gajet
Saat ini, bayi pun banyak yang diberikan gajet oleh orang tuanya. Memperkenalkan teknologi pada anak sejak dini memang baik. Namun, Anda harus memperhatikan intensitasnya agar mereka tak kecanduan. Dengan sering menggunakan gajet, si kecil bisa mengalami keterlambatan bicara dan komunikasi. Jadi, jangan terlalu sering memberikannya!

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi Anda. Ingin mendapatkan info lebih banyak soal tumbuh kembang si kecil yang bermanfaat? Kalau begitu, kunjungi saja parentingclub.co.id. Anda bisa mendapat tips, trik dan berbagai hal bermanfaat seputar dunia si kecil sehingga Anda bisa mengoptimalkan pertumbuhannya.