7 Kesalahan Saat Men-charge Handphone

Share:


Bagi masyarakat modern, device saat ini tidak lagi menjadi alat pelengkap kenasiban, tetapi telah menjadi barang keperluan. Apabila saja manusia modern tidak memegang hp sehari saja, tentu ada perasaan yang mengganjal serta gelisah.

Mengisi daya device terbukti sangat mudah, tetapi ada berbagai faktor yang tidak dapat dianggap remeh. Apabila faktor ini semakin-menerus di perbuat maka bakal terjadi kerusakan batrei dengan cara fatal. Berikut berbagai kesalahan proses pengisian baterai hp yang dapat merusak handphone pintarmu.

1. Mengecas hp sambil main game
Tidak sedikit ditemui diantara kita, saking serunya bermain game hingga-sampai lupa waktu untuk mengisi baterai hp kita. Bahkan ada yang tidak mau melepaskan device saat sedang proses pengisian daya, serta masih memainkan gamenya.

Pemakaian hp saat sedang dalam pengecesan bakal membikin baterai menurun nilainya. Tidak hanya itu, panas yang dihasilkan device pun lebih tinggi, faktor inilah yang membikin hp bakal lebih cepat rusak saat dicas sambil dipakai untuk bermain game.

2. Mengecas handphone dari 0% hingga 100%
Persentase optimum untuk baterai Li-on yang tidak sedikit dipakai kini merupakan untuk menjaga mereka di kondisi 50% alias lebih. Pengisian dengan interval 40%-80% merupakan kisaran yang direkomendasikan. Sementara pengisian hingga mencapai 100% tidak bakal persis membunuh baterai Anda, tapi dengan cara berangsur-angsur bakal mengurangi umur bateri. Faktor ini juga berlaku pada pengecasan handphone di bawah 20%.

3. Tidak Melepas Casing Device Saat Pengisian Daya
Bagian dari tegangan baterai sebetulnya berasal dari temperatur jadi bukan rahasia lagi kalau device terkadang berubah jadi hangat saat sedang diisi daya. Nah, melepaskan casing saat device sedang diisi daya rupanya dapat menolong handphone serta muatan baterai berada pada suhu yang enjoy.

Apple sempat mengingatkan supaya pemakai tidak mengisi perangkat pada suhu yang ekstrim "Sebaiknya hindari pemaparan perangkat kepada suhu di atas 35 derajat C alias 95 derajat F. Sebab itu dapat merusak baterai permanen," kata Apple.

4. Tidur Saat Sedang Me-charge Handphone

Itu faktor yang wajar tidak jarang kami perbuat sehari-hari. Faktanya mengecsh handphone dalam waktu lebih dari 3 alias bahkan hingga tersadar dari tidur bakal mengdampakkan merusak perangkat, acaman selanjutanya yang tidak jarang terjadi merupakan device meledak. Mengecash handphone di perlukan waktu paling lama 3 jam ya guys.

5. Terlalu tidak jarang memakai power bank
Pada mulanya, power bank diciptakan tidak untuk mengisi daya baterai, tetapi lebih untuk mempertahankan kapastitas baterai supaya tidak mudah habis saat dalam kondisi darurat. Tetapi seiring berlangsungnya waktu, dengan mobilitas masyarakat yang tinggi serta tidak tidak sedikit waktu untuk menantikan proses pengecasan hp melewati listips, masyarakat memakai power bank untuk proses pengisian baterai.

Padahal, ada berbagai ketidak lebihan pada power bank yang dapat merusak device kita. Panas yang dihasilkan arus power bank jauh lebih tinggi dibandingkan arus listips rumah tangga. Faktor ini dapat memicu panas berlebihan pada baterai device kamu.

6. Memakai charger serta kabel tiruan
Merupakan sesuatu yang disarankan untuk rutin memakai perangkat charger yang disertakan dalam kotak pembelian. Tetapi bila charger bawaan rusak, tidak ada salahnya membeli charger orisinil yang agak mahal ketimbang memakai yang tiruan. Jangan bertindak tidak bijak dengan memilih memakai charger tiruan yang lebih terjangkau. Sempat mendengar handphone yang meledak saat dicas? Dapat saja salah satu penyebabnya merupakan sebab memakai charger tiruan.

7. Tidak Memperhatikan Tempat Saat Mengisi Daya
Mengisi daya device di sembarang tempat rupanya dapat memunculkan bahaya. Semacam disebutkan di atas, baterai Li-ion mempunyai temperatur tertentu yang dapat ditoleransi. Nah, apabila kalian menaruh handphone di tempat yang begitu panas, otomatis suhu handphone pun dapat meningkat serta itu bukan faktor baik.

Pada segi lain, menempatkan device di area dengan suhu sangat rendah semacam di depan AC juga dapat menyebabkan persoalan. Makanya, kalian wajib memperhatikan tempat saat mengisi daya, jangan di tempat yang terlalu panas serta jangan di tempat yang temperaturnya terlalu dingin.